Photo by liburananak.com

About Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak adalah salah satu tempat bersejarah yang berada di Kota Palembang. selain terkenal dengan jembatan Ampera. Ibu kota provinsi Sumatera Selatan ini juga memiliki beberapa tempat sejarah yang patut kita ketahui dan kunjungi. Salah satunya adalah benteng ini. Terletak di jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil. Benteng ini merupakan sebuah kompleks keraton yang menjadi pusat Kesultanan Palembang.

Seperti halnya keraton di Yogyakarta maupun Solo. Benteng Kuto Besak berdiri pada abad ke-18, benteng ini menyimpan banyak sejarah. Terutama dari kepemimpinan Sultan Mahmud Badaruddin I dan Sultan Mahmud Bahauddin yang berkuasa pada tahun 1724 hingga 1803. Sultan Mahmud Bahauddin ini adalah sosok yang berjasa membuka jalur perdagangan internasional di wilayah Kesultanan Palembang. Selain itu, Beliau adalah seorang agamawan yang menjadikan Palembang sebagai pusat sastra agama di Nusantara.

Benteng ini menghadap langsung ke sungai Musi, berada di lahan yang terbuka dan strategis. Saat malam tiba,  daerah ini dipenuhi oleh para pedagang pasar malam yang menjajakan dagangannya. Kebanyakan yang dijual adalah kuliner lezat, seperti pempek hingga wedang ronde. Benteng Kuto Besak saat ini ditempati oleh Komando Daerah Militer (Kodam) Sriwijaya.

You need to Login or Register to post a review


Recommended Hotels & Restaurants


You need to Login or Register to ask a questions


You might also like this place

Download Our Apps